oleh

Kota Sukabumi raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Ia menjelaskan Pemerintah Kota Sukabumi dalam berbagai kebijakan dan program sudah memperhatikan pengarusutamaan gender, dengan memberikan perempuan, ruang untuk berperan dalam pembangunan.

Berbagai program tersebut tersebar di seluruh perangkat daerah pada Pemerintah Kota Sukabumi. “Penghargaan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi semua pihak,” ucapnya.

Kota Sukabumi memprioritaskan program pengarusutamaan gender, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Wali Kota Sukabumi Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengarusutamaan Gender.

Disebutkan bahwa pengarusutamaan gender adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan di daerah.

Gender adalah konsep yang mengacu pada pembedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang terjadi akibat dari dan dapat berubah oleh keadaan sosial dan budaya masyarakat.

Pemerintah Kota Sukabumi juga mengedepankan kesetaraan gender, yakni kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed