oleh

Merangkul kaum lansia untuk sukseskan program vaksinasi pemerintah

Jakarta, jurnalsumatra.com – Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang kian melandai di Indonesia tidak boleh menjadikan siapa pun lengah dalam beraktivitas.

Protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan mengurangi mobilitas harus tetap menyertai keseharian tiap-tiap warga negara Indonesia, khususnya ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

Varian Delta yang sempat memicu gelombang kedua merupakan pelajaran yang sangat penting untuk seluruh dunia, terutama Indonesia. Varian tersebut menyerang Indonesia ketika masyarakat dan pemerintah telah melonggarkan aktivitas, serta saat ekonomi mulai tumbuh.

Kelengahan dalam menjalankan protokol kesehatan membuat satu per satu kerabat terdekat mengecap pahitnya keseharian dalam masa karantina.

Tidak hanya tentang kerabat yang terjangkit virus, kabar duka turut merundung masyarakat Indonesia dengan frekuensi yang begitu tinggi. Seolah tiada pekan tanpa kabar duka.

Keadaan tersebut menciptakan suasana berkabung yang menyadarkan masyarakat Indonesia akan ganasnya virus Corona, berikut dengan pentingnya vaksinasi untuk melindungi diri.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam Dialog Produktif Semangat mengemukakan bahwa vaksin mengurangi risiko terhadap gejala sakit berat dan mengurangi tingkat kematian. Dengan kata lain, vaksin dapat memberikan perlindungan karena melatih sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus Corona.

Efek vaksin terhadap pasien COVID-19 yang sudah mendapatkan dosis lengkap, kata Nadia, bisa melindungi 73 persen dari risiko kematian kalau dibandingkan dengan orang yang belum mendapatkan vaksin.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo menyerukan pentingnya vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya untuk kelompok masyarakat yang rentan dengan risiko kematian, seperti kelompok lanjut usia (lansia).

Seruan tersebut bertujuan untuk menekan angka kematian akibat virus Corona di Indonesia.

Vaksinasi lansia

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan bahwa virus Corona telah memakan banyak korban jiwa yang berasal dari kelompok lansia. Guna menanggulangi permasalahan tersebut, maka ia menekankan pentingnya melindungi para lansia melalui program vaksinasi.

“Lansia (diupayakan, red.) untuk dapat segera mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Itu menjadi prioritas,” ucap Ma’ruf Amin ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Bentara Budaya Jakarta.

Akselerasi program vaksinasi, khususnya yang menargetkan kelompok lansia sangat penting untuk segera direalisasikan pemerintah. Berkaca dari varian Delta yang mengakibatkan gelombang kedua, akselerasi program vaksinasi merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari gelombang ketiga yang mungkin dapat terjadi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed