oleh

Agar Tak Lagi Terjadi Konflik, Polres OKI Patroli Dialogis ke Sungai Sodong dan PT. SWA

OKI, jurnalsumatra.com – Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto, SH., S.Ik dengan didampingi  Kabag Ops Kompol Abdul Rahman SH., MH, dan Kapolsek Mesuji AKP Bambang Wiyono SH beserta jajarannya, melakukan sambang dan patroli dialogis ke Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji, Sabtu (4/5/2024).

Giat patroli dialogis ini melibatkan 67 personil Polres OKI ditambah dengan 10 personil dari Polsek Mesuji OKI. Patroli dialogis digelar oleh kontijensi Regu D bersama Polsek Mesuji ini dibagi menjadi dua (2) lokasi yaitu ke PT. SWA (Sumber Wangi Alam) dan ke Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji OKI.

Kegiatan patroli dialogis tersebut sebagian dari langkah dan upaya bersama Polres OKI untuk mencegah terjadinya konflik akibat sengketa lahan di wilayah Desa Sungai Sodong Mesuji OKI, dan sejalan dengan perintah Kapolda Sumsel bahwa tidak boleh terjadi konflik sosial kembali karena sengketa lahan.

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala desa (Kades) Sungai Sodong, Samsul bersama perangkatnya serta mengucapkan terima kasih kepada Kapolres OKI dan jajarannya yang sudah peduli dan perhatian kepada masyarakat Sungai Sodong.

“Insya Allah kedepannya kita akan selalu berkoordinasi dengan Polres OKI sekecil apa pun masalah yang ada di masyarakat dengan perusahaan,” ucap Kades Sungai Sodong, Samsul.

Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto, SH., S.Ik berharap kepada Pemerintah Desa Sungai Sodong dan pihak perusahaan jangan sampai ada konflik,

“Kita hadir disini untuk ciptakan rasa nyaman, aman dan damai bersama masyarakat serta akan selalu berkoordinasi dengan pihak perusahaan jangan sampai ada konflik antara masyarakat dan perusahaan,” ucap Kapolres.

Polres OKI, Lanjut Kapolres, hadir untuk menanggapi keluhan kedua belah pihak terkait ada sengketa lahan antara masyarakat Sungai Sodong dengan perusahaan kebun kelapa sawit PT Sumber Wangi Alam (SWA).

“Dan informasi adanya rencana kegiatan replanting oleh perusahaan yang beroperasi di kecamatan Mesuji kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut,” tandas Kapolres.

Sebagaimana diberitakan, permasalahan sengketa lahan antara masyarakat Sungai Sodong dengan perusahaan sawit PT SWA telah berlangsung puluhan tahun dan belum menemukan titik temu antara kedua belah pihak.

Patroli dialogis dan sambang pada 2 pihak tersebut sebagai upaya mencegah secara dini agar tidak terulang kasus terdahulu, Polda Sumsel telah berinisiatif menggelar rapat bersama jajaran Pemkab OKI beberapa waktu lalu. (Choe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed