oleh

Prabowo dan Gerindra Menang Telak di Ogan Ilir

OGAN ILIR, Jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir telah menyelesaikan rekapitulasi tingkat Kabupaten pada Sabtu (2/3/2024) lalu.

Ketua KPU Ogan Ilir, Masjidah menerangkan, berdasarkan hasil rekapitulasi dari 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, sudah dapat diketahui perolehan suara para peserta Pemilu.

Menurutnya, perolehan suara presiden dan wakil presiden hasil rekapitulasi KPU Ogan Ilir, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak.

Pasangan nomor urut 2 tersebut memenangkan hati masyarakat Ogan Ilir dengan perolehan 179.202 suara atau secara persentase suara 66,23 persen, katanya.

Sementara pasangan nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dam Muhaimin Iskandar memperoleh 56.056 suara dengan persentase suara 20,7 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 25.191 suara dengan persentase suara 9,31 persen di Ogan Ilir.

“Jumlah pemilih di Ogan Ilir yang mencoblos pada 14 Februari lalu tercatat sebanyak 270.546 orang,” terang Masjidah kepada wartawan di Indralaya, Rabu (6/3/2024).

Jumlah tersebut merupakan kalkulasi dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Dengan demikian, partisipasi Pemilu 2024 di Ogan Ilir mencapai 85,81 persen mengingat jumlah DPT sebanyak 315.287 orang.

“Secara garis besar, proses rekapitulasi penghitungan suara di Ogan Ilir berjalan dengan lancar dan kondusif,” jelas Masjidah.

Tak seperti sejumlah daerah di Sumatera Selatan yang menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Ogan Ilir sejauh ini tak terdapat laporan dugaan pelanggaran maupun kecurangan.

Kesuksesan dan kelancaran proses rekapitulasi penghitungan suara, disebut Masjidah berkat kerjasama semua pihak.

“Alhamdulillah, proses rekapitulasi penghitungan suara sejauh ini tidak ada kendala apapun hingga selesai hari ini,” jelas Masjidah.

Berkenaan hasil rekapitulasi tersebut dengan angka kemenangan Prabowo-Gibran yang cukup signifikan ini, Ketua DPC Gerindra Ogan Ilir H. Edwin Cahya Putra mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat, relawan, kader, pengurus cabang, ranting, semua yang terlibat dalam pemenangan Prabowo-Gibran,” ucap Edwin dihubungi terpisah.

Selain kemenangan Prabowo-Gibran, Partai Gerindra juga memimpin dengan memperoleh kursi terbanyak di Kabupaten Ogan Ilir dengan 12 kursi berdasarkan penghitungan KPU.

Selain Edwin sendiri, 11 kader Gerindra lainnya yang duduk di kursi DPRD Ogan Ilir yakni Royatuddin, Yansori, Muhammad Ali dan Zulfikar di Dapil 1.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed