oleh

Penutupan Rangkaian Giat HUT ke-22, Pemkab Banyuasin Lakukan Tebar Bibit Ikan di Sungai Boom Berlian

BANYUASIN, Jurnalsumatra.com – Upaya menjaga kelestarian lingkungan khususnya kestabilan biota sungai, Pemkab Banyuasin dalam penutupan rangkaian kegiatan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin, melakukan tebar bibit ikan di sungai boom berlian Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III, Senin (29/4/2024).

Dihadiri seluruh Kepala OPD, Forkompinda Banyuasin dan tokoh masyarakat setempat, kegiatan tebar bibit ikan tersebut dilakukan Pemkab Banyuasin, sebagai langkah membudayakan masyarakat untuk menjaga, merawat dan memelihara kelestarian sungai boom berlian yang baru-baru ini telah dilakukan normalisasi.

PJ Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam usai melakukan tebar bibit ikan menyampaikan, kegiatan tebar benih atau bibit ikan di sungai boom berlian ini, sebagai penutupan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin tahun 2024.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menjaga Sungai Boom Berlian, dimana sejak bulan Desember hingga bulan februari kemarin telah dilakukan normalisasi sepanjang aliran sungai ini. Kenapa kita lakukan tebar benih ikan, kita ingin beritahu masyarakat, bahwa kalau kemarin itu menjadi penyebab banjir sekarang telah kita normalisasi,” terangnya.

Tebar benih ikan ini juga sebagai penanda bahwa Pemkab Banyuasin itu peduli terhadap lingkungan sebagai mana arahan dari presiden. Lanjutnya, Sekali lagi kita sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, karena telah berperan dalam rangkaian HUT Kabupaten Banyuasin, semoga kedepan menjadi Banyuasin Berkilau.

“Dan sepanjang tahun 2024 ini kurang lebih sudah sekitar 52 ribu bibit ikan telah kita tebar, diberbagai sungai dan tempat-tempat di wilayah Kabupaten Banyuasin, dengan kategori aliran sungai atau tempat yang perlu dilakukan penambahan bibit ikan,” ungkapnya.

Untuk itu, sambungnya, kepada masyarakat sesuai arahan Presiden juga diharapkan agar menjaga biota sungai ini, dengan cara-cara tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang terlarang, silahkan nikmati hasilnya namun tolong jangan dirusak.

Sementara itu Camat Banyuasin III, Santo,S.Sos., MSi mengungkapkan, terimakasih atas perhatian yang telah dilakukan Pemkab Banyuasin, karena telah mempercayakan Kecamatan Banyuasin III sebagai tuan rumah dalam rangkaian kegiatan penutupan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin dengan acara penebaran bibit ikan di sungai boom berlian.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan positif ini, hasil ikan yang ada di Kelurahan Pangkalan Balai khususnya akan melimpah kedepannya. Insyaallah untuk menjaga kelestarian ikan yang ada di sungai boom berlian ini, karena setelah kita usulkan dengan pihak dinas perikanan akan dimasukan sebagian objek lelang sungai,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed