oleh

Keadilan bagi perempuan penyandang disabilitas harus diperjuangkan

Masyarakat harus didorong mempunyai rasa empati misalnya meringankan beban para keluarga penyandang disabilitas, sebagai wujud rasa syukur keluarga mereka dikaruniai kesempurnaan fisik.

Sensitivitas pemerintah

Peningkatan sensitivitas atau kepedulian kepada penyandang disabilitas bukan hanya harus dilakukan pada masyarakat, namun sangat penting juga dilakukan pada aparatur pemerintahan terkait guna mengetahui secara jelas ragam disabilitas yang ada.

Oleh karena itu pendataan bagi penyandang diabilitas menjadi penting karena akan menjadi acuan perumusan program bagaimana melakukan pemberdayaan yang sesuai dengan kondisi setiap disabilitas.

Kehadiran aparatur pemerintah yang kooperatif dalam melihat dan memahami permasalah mereka juga sangat diperlukan karena mereka bukan hanya memerlukan penanganan secara kesehatan, namun juga sosial.

Penanganan sosial ini juga termasuk bagaimana menciptakan masyarakat yang peduli disabilitas dan menyadarkan bahwa kaum disabilitas adalah bagian dari masyarakat mereka yang wajib dipenuhi hak-haknya.

Maria juga sependapat jika program yang dijalankan pemerintah tidak sebatas pemberdayaan tetapi juga program bagi keluarga disabilitas dan kampanye perubahan perilaku masyarakat terhadap penyandang disabilitas.

HWDI Sulsel meminta agar setiap daerah khususnya Kota Makassar untuk segera memiliki data akurat penyandang disabilitas berbasis gender, kesehatan dan usia.

Selain itu juga penting untuk melakukan pendataan bagi perempuan dan anak perempuan penyandang disabilitas yang menjadi korban kekerasan, baik yang perkaranya dilanjutkan atau diselesaikan secara kekeluargaan.

Pendataan ini penting untuk melihat potret perilaku masyarakat dan bagaimana mencari solusi untuk mencegah kekerasan itu tidak terulang dan pemulihan bagi korban kekerasan.

Dibutuhkan juga data kategori secara terpilah terkait jenis disabilitas seperti gangguan sensorik, penglihatan, gangguan psikososial, mengalami hambatan emosi dan perilaku lainnya.

Data yang akurat dinilai bisa mengurangi eksploitasi penyandang disabilitas, khususnya pada perempuan yang hidupnya banyak tergantung dari orang lain.Jika tidak memiliki data terkait ragam disabilitas dan ragam kesehatannya, atau tidak dilakukan pendataan dengan baik maka mustahil melakukan intervensi tepat, jika tidak dibenahi dari data. Karena Kebutuhan disabilitas berbeda dan sangat berbeda,” urainya.

Diskriminasi berlapis

Perempuan sebagai makhluk yang memiliki keterbatasan dalam hal tertentu kerap kali menjadi korban ketidakadilan, pelecehan, dan kekerasan, terlebih pada mereka penyandang disabilitas. Termasuk ketika hal ini dibandingkan dengan penyandang disabilitas dari kaum Adam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed