oleh

Di PT Xolabit Bitumen Industri, Pekerja Tak Patuhi K3 Hingga Abai Keselamatan Sendiri 

MUARA ENIM, Jurnalsumatra.com – Para pekerja PT Xolabit Bitumen Industri yang tidak terapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sangat disayangkan. Padahal, K3 sangat penting melindungi diri dari risiko tak terduga hingga harus diutamakan.

Kondisi tersebut terlihat secara kasat mata saat awak media ini lakukan tinjauan langsung ke lokasi pabrik tersebut, yang bergerak di bidang pembuatan aspal berada di Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim pada Kamis (18/1/2024)

Disana, Kendati Banon, Supervisor PT Xolabit Bitumen Industri menjelaskan bahwa telah bekali pekerja perlengkapan keselamatan. Namun, tim media menemukan bahwa para pekerja tidak menggunakannya dengan baik di pabrik pembuatan aspal tersebut.

“Pentingnya mematuhi faktor-faktor keselamatan kerja tidak hanya sebatas penggunaan sepatu keselamatan, tetapi juga mencakup alat pelindung diri lainnya seperti kepala, telinga, mata, dan lainnya,” ungkap Banon saat diwawancara oleh wartawan.

Banon juga menyoroti hubungan racun dalam aspal dengan unit proses yang tidak gunakan beraspal. Menurut dia, Asap dan senyawa dalam bahan beraspal menjadi perhatian, dan kebersihan menjadi faktor kunci.

“Penggunaan perlengkapan yang sesuai dengan aturan keselamatan dan pencegahan kebakaran di unit pencampuran aspal menjadi tanggung jawab utama para pekerja, dan pihak pimpinan harus melakukan pengawasan yang ketat,” pungkasnya. (Choe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed